Gagasan.

Irine Mendorong Desa Saria Masuk Program “Sekaya Maritim”

POSTED : 20 November 2015 | CATEGORY : Berita

Serap Aspirasi Desa Saria

Pembangunan seribu kampung nelayan yang mandiri, tangguh, indah dan maju (Sekaya Maritim) merupakan program Kementerian Kelautan Perikanan yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan nelayan kecil.

Hadir bersama anggota Komisi Kelautan Perikanan DPR RI Ono Surono, Irine Yusiana Roba menyampaikan informasi tersebut di hadapan ratusan nelayan Desa Saria, Jailolo, Halmahera Barat.

Irine menuturkan, di masa mendatang, desa nelayan tidak lagi identik dengan kemiskinan, lingkungan hidup yang tidak sehat, dan warga yang rentan penyakit.

“Program Sekaya Maritim harus kita sambut dengan gotong royong seluruh pemangku kepentingan kelautan dan perikanan. Untuk itu saya menghadirkan langsung kolega saya di Komisi Kelautan Perikanan DPR RI untuk memperjuangkan aspirasi nelayan desa Saria,” kata Irine.

Program itu dilakukan melalui peningkatan ketersediaan permodalan, sarana dan prasarana, kapasitas produksi serta pelayanan dasar lain yang mampu meningkatkan kualitas hidup nelayan dan lingkungannya.

Pada kesempatan itu (10/11), Ono Surono mengatakan, prinsip kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan merupakan nilai utama program pemerintah dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan. Ketua Umum Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) itu juga menerangkan bahwa kedaulatan berarti tidak ada lagi illegal fishing dalam perairan Indonesia.

“Sumber daya kelautan Indonesia harus dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat Indonesia,” kata Ono Surono.

Aspek keberlanjutan mensyaratkan proses penangkapan dan pengelolaan ramah lingkungan. Sehingga keberlanjutan ekosistem kelautan dapat terjaga dan potensinya bisa dikelola secara maksimal dan dipastikan terus terjaga. Sedangkan aspek kesejahteraan ini terkait dengan peningkatan akses permodalan, ketrampilan, pengelolaan dan akses pasar para nelayan kecil sehingga mampu menigkatkan taraf hidup nelayan kecil.